- Diposting oleh : Admin SMKN 3 Surakarta
- pada tanggal : Oktober 15, 2022
Surakarta, (15/10) SMK Negeri 3 Surakarta mengadakan program SMK Pusat Keunggulan Workshop Penyusunan Program Berbasis Data di Ruang Sidang SMK Negeri 3 Surakarta 11 dan 12 Oktober 2022. Kegiatan ini dihadiri Kepala SMK, Waka SMK, Kepala TU, K3 Akuntansi, Pemasaran, MPLB, DKV, dan Busana, Ketua BKK, Staff SPMI, Auditor Internal, Ketua BC, Ketua Norad, Ketua Perpustakaan, dan Ketua LSP SMK Negeri 3 Surakarta. Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa. Selanjutnya, sambutan Kepala SMK Negeri 3 Surakarta, Ibu Dra. Hendrina Widiastuty, M.Pd. Beliau menyampaikan pentingnya kegiatan ini dilaksanakan karena SMK Negeri 3 sebagai SMK PK harus dapat melakukan penyusunan Roadmap yang sesuai juknis dari pusat, sistematis dan terintegrasi. Selain itu, Roadmap harus mengakomodasi rapot Pendidikan. Hal ini menjadi upaya yang dilakukan SMK Negeri 3 Surakarta mempertahankan keunggulannya.
Kegiatan ini mengundang narasumber dari Balai Besar Pengembangan Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi Seni dan Budaya, Bapak Sigit Purnomo,S.Pd, M.Pd. Pemateri mengajak peserta untuk membaca data yang diperoleh SMK Negeri 3 melalui Rapor Pendidikan. Selanjutnya, peserta diajak melihat panduan membaca rekomendasi Penyusunan Program Berbasis Data (PBD). “Sekolah dapat mengecek hasil rapot pendidikan sudah sesuai atau belum dengan kondisi nyata setelah itu sekolah dapat melihat rekomendasi yang dipilih sesuai kebutuhan, ada rekomendasi yang perlu dibuat dalam program, tetapi ada rekomendasi yang hanya perlu diinformasikan atau disosialisasikan.”ucap Pak Sigit
Di hari kedua workshop Penyusunan Program Berbasis Data, Bapak Sigit memaparkan bahwa penyusunan road map atau peta jalan harus memuat unsur-unsur, seperti profil sekolah, analisis kondisi sekolah, potensi wilayah dan hubungan industri (bisa ditelaah melalui skema 8+i), inovasi yang dilakukan, gambaran kondisi sekolah dalam 5 Tahun (meliputi aspek manajemen, kesiswaan, kurikulum, sarpras, pendidik/tendik, dan humas), rencana aksi dalam bentuk timeline dilengkapi dengan struktur kegiatan, sasaran, target, dan penanggung jawab.
Peta Jalan ini harus mengakomodasi Rapor Pendidikan. Penyusunan Peta Jalan atau Road Map adalah rekomendasi karena aplikasi Rapor Pendidikan akan membantu sekolah dengan rekomendasi. Kunci menyikapi perubahan dalam pendidikan hanya satu, yaitu Guru yang Kreatif. Jika guru kreatif, apapun kurikulumnya akan dapat dijalani dan berhasil dengan baik.
Semua peserta diajak membuat atau revisi peta jalan. Peta jalan ini pada dasarnya sebagai masterplan sekolah ini. Peta jalan ini ditelaah bersama oleh seluruh pihak terkait sehingga semua pihak menjadi jelas arah dan tujuan sekolah SMK Pusat Keunggulan di SMK Negeri 3 Surakarta. Program kerja ini adalah aksi nyata yang harus dilakukan seluruh pihak SMKN 3 Surakarta demi tercapainya tujuan yang ada di peta jalan. Program kerja ini dipersentasikan agar mendapatkan masuka-masukan yang berarti dalam perbaikan program kerja ini. Dua hari kegiatan ini tentu memberikan harapan besar terhadap kemajuan sekolah ini.
====================
Penulis : Adel (KIR)
Dokumentasi : Alin